Kamis, 30 Juni 2011

PBNU & LAPAN: Kemungkinan Ramadan Serempak 1 Agustus (OkeZone)

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprakirakan pelaksanaan rukyat awal Ramadan 1432 Hijriah akan sukses. Sebab pada 31 Juli mendatang posisi bulan sudah berada di 7 derajat.

"Hampir bisa dipastikan Insya Allah awal puasa akan seragam tanggal 1 Agustus, tapi kita tetap tunggu hasil sidang itsbat untuk pelaksanaan ibadah," ujar peneliti LAPAN Thomas Djamaluddin kepada okezone di Jakarta, Jumat (1/7/2011).

Dijelaskan, pada 31 Juli mendatang posisi bulan cukup tinggi sehingga bisa terlihat saat pelaksanaan rukyat. "Pada akhir Sya'ban, bulan sudah cukup tinggi sekira 7 derajat, ini sudah cukup tinggi, jadi kemungkinan akan berhasil rukyat," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ketika dikonfirmasi membenarkan hal ini. "Iya betul sekali, Insya Allah puasa serempak," tandasnya.

Sebelumnya pengurus Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadan 1432 H akan jatuh pada 1 Agustus mendatang. Sementara PBNU masih menunggu hasil rukyat yang akan dilaksanakan pada akhir Juli mendatang.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Comment di Blog ini, Blog ini DoFollow. Jangan berkomentar berbau SARA!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More