Sabtu, 20 Agustus 2011

Gempa 7,5 SR Hentak Kepulauan Vanuatu di Pasifik (detikNews)

Sebuah gempa berkekuatan 7,5 SR terjadi di Kepulauan Vanuatu di Pasifik. Namun, belum ada laporan terjadinya korban jiwa atau kerusakan akibat peristiwa alam tersebut.

US Geological Survey melaporkan, gempa terjadi pada pukul 03.00 waktu setempat, Minggu (21/8/2011), dengan episentrum di 60 Km barat daya Kota Port-Vila. Gempa terjadi di kedalaman 40,5 Km. Demikian seperti dikutip dari reuters.

Pusat peringatan tsunami di Pasifik menyatakan, gempa tersebut tidak memicu gelombang tsunami di kawasan secara luas. Namun, gempa dengan kekuatan sebesar itu kadang-kadang memicu tsunami lokal yang dapat menghancurkan di sepanjang pantai dalam 100 kilometer dari dari episentrum gempa.

Belum ada informasi segera kerusakan atau korban. Gempa itu lalu diikuti oleh gempa susulan dengan kekuatan lebih rendah, yaitu 5,9 SR pada sekitar 20 menit kemudian.

Kepulauan Vanuatu terletak di "Cincin Api," dan menjadi salah satu daerah dengan seismik paling aktif di dunia. Port-Vila adalah ibu kota Vanuatu, denga jumlah penduduk sekitar 40.000 orang.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Comment di Blog ini, Blog ini DoFollow. Jangan berkomentar berbau SARA!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More