Senin, 29 Agustus 2011

Mesir, Qatar, & Emirat Arab Beridul Fitri 30 Agustus (detikNews)


Selain Arab Saudi, Mesir, Qatar, dan Uni Emirat Arab juga merayakan Idul Fitri hari ini. Otoritas negara-negara tersebut memutuskan 1 Syawal 1432 jatuh pada Selasa (30/8/2011), ini.

Otoritas Arab Saudi menyatakan, hilal terlihat pada Senin (29/8), yang menjadi penanda bulan Ramadan telah berakhir. Penampakan hilal menjadi awal datangnya bulan baru.

Seperti dikutip dari AFP, selain Arab, pemerintah Mesir juga memutuskan bahwa Idul Fitri jatuh pada hari ini. Demikian pula Qatar berserta Uni Emirat Arab mengumumkan berakhirnya bulan suci Ramadan.

Sementara Al Arabiya News melaporkan, Bahrain dan Yordania ikut merayakan Idul Fitri Selasa ini.

Sebelumnya, Malaysia juga akan merayakan Idul Fitri pada Selasa. Penetapan hari raya umat Islam di negeri jiran itu disampaikan oleh Penyimpan Mohor Besar Raja-raja, Datuk Syied Danial Syed. Keputusan tersebut didasarkan pada rukiyat dan hisab di 30 tempat di seluruh Malaysia.

Berbeda dengan negara-negara tersebut, pemerintah RI memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu (31/8/2011). Keputusan diambil setelah Menteri Agama Suryadharma Ali yang memimpin sidang mendengarkan 12 pandangan ormas Islam dalam sidang isbath di Kementerian Agama.


0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Comment di Blog ini, Blog ini DoFollow. Jangan berkomentar berbau SARA!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More