Selasa, 19 Juli 2011

BI: Utang RI Rp 1.723,9 Triliun Masih Aman (detikFinance)

Bank Indonesia (BI) menilai total utang Indonesia hingga Juni 2011 yang mencapai Rp 1.723,9 triliun masih dibilang sangat aman. Walaupun jumlahnya terus meningkat namun rasio utang terhadap pertumbuhan ekonomi atau PDB masih sangat rendah.

"Soal utang itu yang dilihat debt to GDP ratio atau rasio utang terhadap pertumbuhan ekonomi di mana masih sangat baik yakni 26%. Investor tidak peduli berapa amount (jumlah utang) namun yang dilihat angka 26% tadi," ujar Juru Bicara BI, Difi Johansyah dalam diskusi mengenai kondisi moneter di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (19/7/2011).

Menurut Difi, jangankan dibandingkan dengan Yunani yang rasio utang terhadap GDP-nya sudah mencapai 100% lebih, Indonesia dibandingkan dengan Filipina jauh lebih baik. Lembaga rating (pemeringkat) dan investor, sambung Difi fokus kepada kemampuan pembayaran luar negeri pemerintah yang dilihat dari rasio utang tadi.

"Saat ini pemerintah memang telah memanage utang secara hati-hati sehingga terlihat semua sangat aman karena risiko pembayaran utang masih bisa di-handle," paparnya.

Lebih jauh Difi optimistis dari rasio utang yang cukup rendah tersebut Indonesia selangkah lagi akan masuk investment grade.

"Melihat kondisi ekonomi yang terus membaik Indonesia selangkah lagi masuk investment grade," tuturnya.

Total utang pemerintah Indonesia hingga Juni 2011 mencapai Rp 1.723,9 triliun. Dalam sebulan utang pemerintah naik Rp 7,34 triliun dibanding Mei 2011 yang sebesar Rp 1.716,56 triliun.

Jika dibandingkan dengan jumlah utang di Desember 2010 yang sebesar Rp 1.676,85 triliun, jumlah utang hingga Juni 2011 bertambah Rp 47,05 triliun.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Comment di Blog ini, Blog ini DoFollow. Jangan berkomentar berbau SARA!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More