Rabu, 13 Juli 2011

Tempe Lindungi Kulit dari Dampak Sinar Matahari (OgahRugi)

Tak cuma bisa menurunkan kadar kolesterol, tempe ternyata juga bisa melindungi kulit dri dampak ultraviolet. Bagaimana ini bisa terjadi?

Tak salah rasanya jika masyarakat Indonesia dianugerahi tempe sebagai salah satu bahan makanan. Kedelai yang dibumbui ragi khusus ini menjadi makanan favorit warga masyarakat, karena harganya yang murah dan gizinya yang luar biasa.

Protein dalam tempe terbukti paling baik dibandingkan jenis kacang-kacangan lain. Kandungan proteinnya setara dengan protein hewani dari daging, susu, dan telur. Ini menjadikan tempe menjadi favorit bagi banyak orang.

Selain lezat untuk dijadikan berbagai macam masakan, ternyata tempe dapat dimanfaat untuk kecantikan. Menurut penelitian yang dilakukan Dra. Siti Maryam, M.Kes, dosen kimia Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), kandungan nutrisi tempe ternyata dapat meningkatkan total antioksidan darah. Proteinnya juga dapat menurunkan kadar 8-hidroksi-2-deoksiguansin urine dan menurunkan kerusakan jaringan kulit yang teradiasi sinar ultraviolet.

Nah, untuk fungsi yang terakhir ini tentu menjadi kabar gembira buat masyarakat Indonesia, sebab paparan sinar ultraviolet yang terjadi tiap hari bisa berdampak pada kerusakan kulit hingga ancaman kanker. Namun risiko penyakit ini dapat ditekan dengan rajin merawat dan melindungi kulit, serta banyak makan makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti tempe ini.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Comment di Blog ini, Blog ini DoFollow. Jangan berkomentar berbau SARA!!

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More